Hubungan Manusia dan Kebudayaan



Hubungan Manusia dan Kebudayaan


Manusia adalah mahluk biologis yang tidak bisa hidup sendiri (mahluk sosial) , manusia memiliki akal dan perasaan. Dengan akal manusia dapat menciptakan ilmu pengetahuan dan teknologi,dengan adanya perasaan pada diri manusia maka manusia dapat menciptakan kesenian. 

Kesenian yang di ciptakan oleh manusia akan menghasilkan sebuah kebudayaan yang menjadi corak yang unik dalam lingkungan masyarakat. Kebudayaan dapat kita nikmati dengan panca indera tentunya,seperti lagu,tari,dan bahasa yang merupakan kebudayaan yang dapat kita rasakan sebagai manusia.
Agar kebudayaan dapat terus dilestarikan maka manusia harus menurunkan kebudayaan tersebut kepada generasi selanjutnya. Oleh sebab itu manusia dan kebudayaan tidak dapat di pisahkan dan akan selalu terikat satu sama lain. Akan tetapi setelah kebudayaan tercipta maka kebudayaan tersebut yang mengatur hidup manusia agar sesuai dengannya. Contohnya, hubungan antara manusia dengan peraturan-peraturan kemasyarakatan, pada awalnya peraturan dibuat oleh manusia,setelah peraturan itu jadi maka manusia yang membuatnya harus patuh dengan peraturan yang dibuatnya itu.

Antara manusia dan kebudayaan terjalin hubungan yang sangat erat,hampir semua tindakan manusia merupakan kebudayaan. Tindakan yang merupakan kebudayaan tersebut dibiasakan dengan cara belajar. Ada beberapa proses belajar yaitu proses internalisasi,sosialisasi dan enkulturasi. Selanjutnya hubungan antara manusia dengan kebudayaan juga dapat dilihat dari kedudukan manusia tersebut terhadap kebudayaan. Manusia mempunyai empat kedudukan terhadap kebudayaan,yaitu:

a.      Penganut kebudayaan
b.      Pembawa kebudayaan
c.       Manipulator kebudayaan
d.      Pencipta kebudayaan

Kebudayaan terbentuk karena manusia menghadapi persoalan yang harus diselesaikan,maka untuk memecahkan masalah yang dihadapi manusia harus mampu memenuhi apa yang menjadi kebutuhannya sehingga manusia melakukan berbagai cara. Hal yang dilakukan manusia inilah yang disebut dengan kebudayaan. Kebudayaan yang digunakan manusia dalam menyelesaikan masalah sering disebut dengan ‘Way Of Life’,yang digunakan manusia sebagai pedoman dalam bertingkah laku.

Sebagai manusia yang mencintai kebudayaannya,maka kita harus menghargai karya leluhur dengan cara melestarikan kebudayaan, menghormatinya dan menurunkan kepada generasi selanjutnya agar kebudayaan kita tidak tergerus zaman yang semakin modern.

Tidak ada salahnya tonton video di bawah ini, betapa indahnya Indonesia, ragam budaya yang patut untuk dilestarikan.
 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENGALAMAN DALAM BERORGANISASI

Ringkasan Buku Dasar-Dasar Ilmu Organisasi Hal 118-128

Cekeran Midun